Melangkahlah di Jalan Allah

|

Wah, Indonesia ini adalah negara muslim terbesar di dunia. Namun, apakah muslim di Indonesia adalah muslim yang benar-benar muslim yang siap berjihad untuk mencegah setiap kezaliman, yang siap berjuang menegakkan aqidah, yang peduli dengan sesamanya dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya, dan yang mampu selalu melihat hal baik untuk disyukuri dari setiap keadaan dirinya. Mungkin hanya sebagian kecil umat Muslim di Indonesia yang melaksanakannya dan yang benar-benar masuk Islam secara utuh. Memang ada yang beranggapan bahwa iman dan taqwa adalah hidayah, namun hal ini tidak dapat dijadikan dasar untuk melanggar perintah-Nya dan berbuat semaunya.
Banyak hal yang dilakukan kebanyakan umat muslim namun tidak mencerminkan muslim itu sendiri. Bila kita berjalan di sepanjang jalan sering kita melihat orang-orang yang tidak menutupi auratnya baik pria atau wanita. Kemudian bila kita tanya apakah orang itu muslim, banyak kemungkinan orang itu menjawab ya, ya saya muslim. Sungguh disayangkan, Indonesia yang berlabel negara dengan penduduk muslim terbesar ternyata tidak benar-benar seperti itu bila dilihat lebih ke dalam. Allah telah memerintahkan umat-Nya untuk taat kepadanya dalam berbagai ayat di Quran, salah satunya yang artinya "
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak (pula) bagi perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.(QS. 33:36)"
Sebagai informasi tambahan mengenai pakaian perempuan muslim ada enam kriteria yang dapat disarikan dari Quran dan Hadis yaitu memakai jilbab yang menutupi leher dan dada, tidak memakai pakaian yang tembus pandang, tidak memperlihatkan bentuk tubuh, tidak dibuat dengan sengaja untuk menarik perhatian laki-laki, tidak menyerupai pakaian orang kafir, dan tidak menyerupai pakaian laki-laki. Keenam kriteria ini adalah yang berasal dari Allah dan Rasul, sehingga sebagai umat Muslim yang beriman seharusnya melaksanakannya sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 36 yang ditulis di atas serta tidak ada pilihan untuk hal ini baik dengan alasan tuntutan profesi, perintah atasan, dan hal-hal duniawi lainnya kecuali adanya uzur. Mengenai pakaian ini hanya sebagai contoh yang umum namun masih banyak hal-hal lain yang sebenarnya masih ada penyimpangan dari perintah Allah dan Rasul.

0 comments: